10 Cara Tradisional Mengobati Kista Yang Harus Diketahui

10 Cara Tradisional Mengobati Kista Yang Harus Diketahui

Dalam dunia medis, penyakit kista akan dapat disembuhkan lewat prosedur bedah. Akan tetapi, operasi ini sendiri telah lama dikenal memiliki banyak resiko serta efek samping.

Di samping itu, biaya yang diperlukan juga tidak sedikit. Oleh karena itulah tak ada salahnya apabila kita mencoba 10 cara tradisional mengobati kista di bawah ini. Cara-cara ini terbilang alami sehingga tetap aman dan pastinya lebih terjangkau.

10 Ragam Cara Tradisional Mengobati Kista

1. Teripang
Cara Tradisional Mengobati KistaHewan laut yang juga dikenal dengan nama sea cucumber ini sangat terkenal akan manfaatnya dalam mengobati aneka penyakit berbahaya. Teripang biasanya akan ditemukan di dasar lautan terutama di Lautan Hindia.

Hasil penelitian membuktikan bahwa teripang memiliki ragam senyawa yang bisa membunuh sel-sel abnormal, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu produksi kolagen.

Tidak jarang apabila orang-orang memanfaatkan ekstrak teripang dalam penyembuhan kista. Jenis spesies yang sering digunakan ialah teripang emas. Sudah banyak beredar obat herbal dengan kandungan ekstrak teripang emas di toko-toko online maupun apotek. Namun pastikan produk tersebut asli sebelum mengonsumsinya.

2. Buah Bit
Buah BitBuah yang asalnya dari kelompok umbi-umbian ini bisa pula dijadikan alternatif untuk obat alami kista. Warnanya merah menyala dan bentuknya seperti ubi jalar. Di dalamnya terkandung aneka nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin C, vitamin B6, asam folat, vitamin A, zat antioksidan serta mineral yang cukup tinggi.

Tidak heran jika buah bit menjadi salah satu cara tradisional mengobati kista. Konsumsi buah bit akan dapat menghancurkan kista. Pengolahannya cukup sederhana, yaitu dengan cara direbus, dibuat jus ataupun dikukus.

3. Mahkota Dewa
Mahkota DewaDaun mahkota dewa sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman herbal dengan sejuta khasiat. Tumbuhan ini sendiri seringkali digunakan sebagai tanaman hias serta pelengkap di kebun. Padahal, manfaat dari daun mahkota dewa sangat besar bagi kesehatan.

Mahkota dewa kaya akan kandungan flavonoid, antioksidan serta polifenol yang bisa memerangi tumor serta mengurangi efek peradangan. Masyarakat biasanya akan mengolah mahkota dewa dengan cara merebus daun serta buah yang sudah kering, kemudian mengonsumsi rebusannya.

Penting dijadikan catatan bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi rebusan daun mahkota dewa.

4. Jahe
JaheCara tradisional mengobati kista selanjutnya ialah dengan menggunakan jahe. Cara pengolahannya pun sederhana, cukup buat wedang atau minuman panas dari jahe. Minuman ini tak sekedar bisa membuat pikiran kembali segar, namun juga memerangi kista yang ada dalam tubuh.

Studi membuktikan bahwa jahe mengandung senyawa aktif yang bisa menghilangkan rasa sakit serta meredakan peradangan. Membuat wedang jahe tidaklah sulit. Kita hanya perlu mempersiapkan 50 gram jahe lalu bersihkan dan memarkan. Letakkan dalam gelas seduh dan seduh menggunakan air hangat. Pengobatan kista menggunakan jahe dosisnya adalah satu gelas per hari.

5. Kacang Almond
Kacang AlmondPenikmat kacang almond bisa berbahagia karena kandungan vitamin E di dalamnya akan dapat menjadi alternatif obat kista. Tidak hanya itu, antioksidan dalam kacang ini juga terbilang tinggi.

Kita hanya butuh menjadikannya sebagai camilan tiap hari. Perlahan, gumpalan kista akan luruh. Kacang almond juga memiliki manfaat lain, yaitu meredakan nyeri perut serta menangkal radikal bebas.

6. Teh Chamomile
Teh ChamomilePernah mendengar teh chamomile? Teh herbal satu ini memang belum begitu populer di Indonesia. Padahal, teh chamomile adalah salah satu cara tradisional mengobati kista. Efek yang didapat dari konsumsinya adalah relaksasi serta melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Masukkan dua hingga tiga sendok teh kering chamomile dalam cangkir dan seduh menggunakan air panas. Aduk rata dan saring agar sarinya bisa diperoleh. Bisa juga ditambahkan madu ke dalamnya agar lebih bermanfaat. Konsumsi teh ini tiap pagi dan sore guna mempercepat penyembuhan kista.

7. Buah Naga
Buah NagaSiapa tak kenal buah impor asal Meksiko ini? Buah naga memiliki sangat banyak kandungan yang bermanfaat, mulai dari vitamin C, vitamin B3, vitamin B12 hingga aneka mineral seperti kalium, sodium serta kalsium.

Buah naga turut diperkaya pula akan protein dan serat yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Antioksidan dalam buah naga juga telah dibuktikan ampuh menyembuhkan ragam penyakit kanker, kista hingga jantung. Konsumsi buah naga akan dapat membantu proses penyembuhan penyakit kista.

8. Garam Inggris
Garam InggrisCara tradisional mengobati kista berikutnya adalah dengan menggunakan garam Inggris. Metodenya terbilang unik, di mana kita harus berendam dalam air yang telah dicampur garam Inggris. Garam Inggris sendiri dikenal sebagai garam epsom dan memiliki kandungan senyawa magnesium sulfat cukup tinggi sehingga akan meredakan rasa sakit di otot serta menghilangkan nyeri.

Siapkan bak mandi yang telah diisi air hangat. Tambahkan garam Inggris sebanyak satu cangkir. Bisa juga ditambahkan beberapa tetes minyak esensial guna menambah efek relaksasi. Diamkan kira-kira lima menit lalu rendam perut dan tubuh bagian bawah selama 20 menit saja.

9. Manggis
ManggisBaik buah maupun kulit manggis sama-sama menjadi cara tradisional mengobati kista. Penelitian akan buah manggis yang bermanfaat untuk mengobati kista, tumor serta kanker telah berkali-kali dilakukan.

Terbukti bahwa dalam buah manggis terkandung senyawa xanthone serta polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel yang abnormal. Penderita kista sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Selain daging buahnya, kulit manggis juga memiliki khasiat luar biasa.

Banyak orang yang mengambil ekstrak kulit manggis untuk kemudian dikemas menjadi obat-obatan herbal berkhasiat. Kita juga bisa mengolah kulit manggis sendiri. Rebus kulit manggis kering dan saring lalu konsumsi air rebusan tersebut. Konsumsinya cukup satu hingga dua kali saja dalam sehari.

10. Daun Sirsak
Daun SirsakCara tradisional mengobati kista yang terakhir adalah dengan menggunakan daun sirsak. Daun sirsak telah lama dikenal memiliki khasiat dalam menyembuhkan aneka penyakit serius, termasuk kista. Senyawa aktif dalam daun sirsak di antaranya adalah asam gentistic, asam linoleat, muricapentocin, annomuricin dan lain-lain.

Semuanya terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membunuh sel-sel kanker. Prosedur pengobatannya sendiri cukup mudah. Kita hanya butuh merebus sekitar 15 lembar daun sirsak dalam panci. Saring lalu konsumsi air rebusannya selagi masih hangat. Pastikan juga kita memilih daun sirsak yang tidak rusak, tidak berlubang, tidak terlalu kering serta tidak terlalu muda.

Itulah 10 cara tradisional mengobati kista. Gejala kista dapat pula dikurangi melalu pengompresan air hangat serta minyak jarak. Namun sebelum kita memutuskan untuk menggunakan langkah-langkah pengobatan tradisional di atas, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter ahli.

Ini penting untuk menghindari resiko serta hal-hal yang tak diinginkan. Pastikan juga kita mengikuti langkah-langkah pengolahan dan anjuran konsumsi secara tepat agar tidak terjadi overdosis. Akan lebih baik lagi jika kita hanya menerapkan satu langkah pengobatan secara berkelanjutan, bukannya berganti-ganti metode pengobatan berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *